Taman Pintar di Jogja, Bukan Sekedar Taman Biasa

Taman adalah suatu lokasi luas yang berisi berbagai tumbuhan, ornamen dan dekorasi. Tujuan utamanya biasanya menjadi ruang hijau yang menjadi paru-paru tempat udara yang bersih. Namun Taman Pintar sedikit berbeda dengan taman-taman yang biasanya ada.

Sebelum membahas taman pintar, ada informasi menarik terkait dekorasi taman. Jasa taman Jogja melayani pembuatan taman dengan berbagai teman salah satunya adalah taman minimalis. Jasa taman ini juga melayani pembuatan taman untuk hotel atau gedung lainnya dengan berbagai konsep taman yang menarik.
Taman Pintar, sumber : alodia tour

Taman Pintar Jogja


Kota Jogja memang salah satu kota dengan berbagai destinasi wisata yang indah dan rekomended. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi adalah Taman Pintar Jogja. Taman tersebut merupakan tempat dengan berbagai wahana permainan serta sarana belajar anak. Disana tersedia berbagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan anak Anda.

Taman Pintar Jogja menjadi tempat recomended untuk para pelajar untuk mempelajari ilmu sains sebagai pendukung kurikulum pendidikan. Dengan sarana belajar yang menarik dan sejuk, akan membuat anak menjadi lebih bersemangat dan termotivasi untuk mencintai ilmu sains serta ilmu lainya dengan mudah.

Selain sebagai sarana pembelajaran, Taman Pintar juga mempunyai berbagai wahana yang menarik dan menyenangkan. Wahana bermain anak tersebut berada di sebelah timur di jalan Malioboro. Wahana tersebut pasti membuat sang buah hati senang dan gembira. Oleh karena itu, Taman Pintar sering dijadikan sebagai tempat study tour pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah. Anak-anak dapat memperoleh ilmu dan pelajaran mengenai sains secara langsung.

Lokasi Taman Pintar


Lokasi taman Pintar terletak sangat strategis yaitu di depan Bank Indonesia dengan jarak 200 meter di sebelah timur perempatan jalan Malioboro. Letaknya di Taman Budaya, Benteng Vredeburg. Untuk alamat lengkap tempat tersebut yaitu di jalan Panembahan Senopati No 1-3 kota Yogyakarta. Sebelum dijadikan sebagai tempat belajar atau rekreasi. Tempat tersebut dulunya adalah pusat perbelanjaan.

Pada tahun 2004 tempat tersebut mengalami relokasi area disertai dengan beberapa pembangunan lainya. Sehingga pada tahun 2008 mulai diresmikan oleh presiden RI. Pembangunan Taman Pintar Jogja ini mempunyai target untuk mendukung program dari pemerintah mengenai pembelajaran di sekolah.

Dengan adanya sarana belajar sains tersebut dapat mengasah kreativitas dan inovasi anak sejak dini. Sehingga dapat menciptakan generasi muda yang berbakat dan berprestasi khususnya di bidang sains.

Harga Tiket Wisata Taman Pintar


Untuk masuk ke Taman Pintar Jogja dikenakan tiket masuk Rp. 10.000 untuk anak-anak dan Rp. 18.000 untuk orang dewasa. Harga tiket tersebut hanya untuk tiket masuk saja, belum termasuk berbagai wahana yang ada didalamnya.

Untuk jam operasional obyek wisata Jogja ini yaitu pada hari selama hingga minggu. Jam buka mulai dari jam 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Untuk hari senin adalah hari libur sehingga Taman Pintar tutup atau tidak beroperasi.

Wahana Taman Pintar


Di Taman Pintar Jogja terdapat berbagai wahana yang dapat Anda nikmati bersama anak-anak. Wahana tersebut meliputi :

1. Wahana Teater 3D


Anda dapat menikmati keseruan menonton teater 3D dengan harga Rp. 20.000 untuk umum dan Rp. 15.000 untuk pelajar. Di Dalam wahana tersebut Anda juga dapat mencoba membuat kreasi dari batik, gerabah, lukis, maupun kaos.

2. Gedung Paud


Tempat wisata ini khusus untuk anak-anak dengan usia dibawah 7 tahun. Harga tiket masuk gedung paud hanya Rp. 3000. Didalamnya terdapat wahana permainan dan pembelajaran untuk anak Anda.
Ruangan Gedung di Taman Pintar


3. Planetarium


Wahana yang satu ini mempunyai harga tiket Rp. 15.000/orang. Anda dapat menikmati berbagai keindahan dan wahana yang menyenangkan.

4. Wahana Gedung Kotak


Gedung kotak adalah tempat dengan 10 zona. Zona tersebut bervariasi mulai dari zona replika, keris, batik, dan sebagainya yang berkaitan dengan kebudayaan Indonesia sendiri.

5. Wahana Gedung Oval


Wahana gedung ini mempunyai 10 zona yang dapat dinikmati. Zona tersebut meliputi zona iklim, cuaca, teknologi dan sebagainya. Dalam gedung oval mempunyai banyak zona untuk pembelajaran sehingga sangat tepat dijadikan sebagai tempat belajar.

Semoga informasi seputar taman pintar ini bisa bermanfaat untuk Anda. Meskipun saat ini belum bisa menjadi tujuan oleh karena kondisi pandemi, namun lokasi rekreasi yang edukatif di Jogja ini pasti selalu bisa menjadi tujuan Anda kapanpun saat kondisi telah aman. Simak berbagai informasi menarik lainnya di blog ini ya.

Comments