Tips Berkendara Menggunakan Bus Saat New Normal

Setelah lama melakukan social distancing, berwisata tentu menjadi hal yang paling diinginkan. Jika Anda ingin kembali menikmat wisata, saat ini sebaiknya jangan dilakukan dulu. Tentu saja untuk menjaga kita dari penularan virus corona. Penerapan new normal saat ini baru mengaktifkan perkantoran, sekolah, tempat perbelanjaan dan transportasi.

Meskipun beberapa sektor kegiatan sudah kembali aktif, prosedur keamanan untuk mencegah penularan Covid-19 tetap berlaku. Salah satunya apabila ingin berpergian menggunakan bus wisata di Jogja. Bagaimana prosedur yang aman menaiki transportasi bus saat new normal? Berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Definisi New Normal


Sebelum mengetahui tips untuk berkendara menggunakan bus saat new normal, agar lebih dipahami, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan new normal. Karena jika salah asumsi, bisa jadi akan ada kesalahan saat melakukan berbagai aktivitas saat penerapan new normal.

Setelah berselang beberapa waktu menerapkan social distancing, negara-negara di dunia mulai punya cara untuk menekan penyebaran virus. Sehingga perolehan penyebaran virus di beberapa negara dengan caranya masing-masing menghasilkan angka 0. Artinya, dalam periode tertentu, penyebaran berhenti. Setelah kondisi ini, negara-negara di dunia mulai punya gagasan baru.

Jaga Jarak di Angkutan Umum, sumber : Tirto.id


Gagasan baru yang diterapkan yaitu new normal. Karena sebenarnya virus masih tetap eksis, sehingga penyebarannya tetap perlu dihentikan. Karena itu, new normal adalah cara hidup yang baru, dimana orang-orang sudah melakukan aktivitas senormal mungkin namun dengan perhatian ketat melakukan prosedur kesehatan untuk mencegah penyebaran virus.

Dengan penerapan new normal, diharapkan aktivitas perekonomian dapat berjalan kembali. Sehingga aktivitas ibadah dan pendidikan berjalan kembali, perkantoran juga mulai beroperasi termasuk pariwisata. Namun tentu saja, pariwisata tidak diutamakan dibandingkan dengan sektor lainnya untuk penerapan new normal ini.

Tips Menggunakan Bus Saat New Normal


Untuk Anda yang ingin menggunakan bus karena harus berpergian via darat keluar kota, Anda harus tetap waspada dan melaksanakan prosedur untuk menjaga keselamatan dan kesahatan Anda. Berikut beberapa tips yang bisa jadi bermanfaat untuk Anda.

1. Usahakan Untuk Tidak Perlu Berpergian


Tips yang pertama ini mungkin terkesan aneh. Namun, meskipun akan diterapkan new normal, langkah terbaik adalah untuk tidak berpergian terlebih dahulu. Karena new normal definisinya adalah membiasakan diri ditengah keberadaan virus yang sebenarnya masih eksis. Karenanya, jika tetap harus berpergian, laksanakanlah berbagai prosedur kesehatan dan keselamatan untuk mencegah penyebaran virus.

Agar tidak perlu berpergian, sebenarnya masih terdapat berbagai solusinya. Misalnya saja Anda perlu meeting keluar kota, Anda bisa melakukannya secara online. Sehingga saat ini solusi terbaiknya adalah tidak berpergian terlebih dahulu kecuali sangat mendesak.

2. Pastikan Kondisi Fisik


Selanjutnya adalah tips apabila ternyata berpergian menggunakan kendaraan bus tidak bisa dihindari. Yang perlu pertama kali dipersiapkan tentu saja kondisi fisik. Sehingga, jika ternyata sebelum berpergian kondisi fisik Anda sudah tidak sehat, tentu saja menjadi alasan tepat untuk Anda beristirahat di rumah sampai Anda kembali sehat.

Jika Anda cukup sehat, maka jagalah kesehatan Anda. Lakukan segala rutinitas yang dapat meningkatkan kekuatan imun seperti makan makanan bergizi, berolahraga dan hindari segala hal yang tidak menyehatkan seperti merokok dan lain-lain. Jadi, kesehatan adalah modal utama untuk dapat beraktivitas saat new normal termasuk berkendara.

3. Pakai Masker dan Jaga Jarak


Selanjutnya adalah menggunakan masker. Pastikan masker yang Anda gunakan cukup baik untuk mencegah penularan virus. Selain penggunaan masker, jaga jarak Anda dengan penumpang yang lain. Dalam hal ini, Anda mungkin dapat memastikan prosedur keberangkatan menggunakan bus kepada P.O. Bus. Jika ternyata padat penumpang, sebaiknya tidak mengikuti keberangkatan.

Penumpang Menggunakan Masker, sumber : Bisnis.tempo

4. Pastikan Prosedur Kendaraan


Penerapan new normal ini dalam bentuk aturan. Sehingga moda transportasi biasanya juga harus menerapkan aturan yang berlaku. Hal-hal seperti kapasitas penumpang yang dibatasi, sterilisasi kendaraan dan lainnya harusnya sudah dipenuhi. Maka, jika Anda ingin membeli tiket bus, pastikan yang mengikuti prosedur dengan baik.

5. Bawa Syarat Administrasi


Yang terakhir adalah administrasi. Terdapat himbauan untuk melakukan tes kesehatan terlebih dahulu sebelum berpergian. Karenanya, ikuti tes tersebut dan jangan lupa untuk membawa bukti surat kesehatan agar perjalanan Anda lancar.

Itu dia beberapa tips berkendara menggunakan bus saat Anda harus berpergian keluar kota saat new normal. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda. Simak terus berbagai informasi lainnya di halaman

Comments