Masjid Dengan Bangunan Megah dan Unik di Jogja

Masjid biasanya dibangun dengan ukuran besar. Namun jikaanda memasuki pelosok kota Jogja akan anda dapati masjid dengan ukuran kecil. Meskipun kecil rata-rata bangunan masjid dibangun sedemikian rupa agar kelihatan megah. Maka disinilah fungsi jasa bangun rumah di Jogja digunakan karena jasa desain dan bangun rumah ini yang bisa menyiasati bentuk bangunan.

Namun di bawah ini ada beberapa masji dmegah dengan ukuran besar yang termasuk baru dibangun. Simak ulasan dibawah ini.

Masjid Suciati

Sebuah bangunan Masjid yang nampak mencolok jika dibandingkan dengan deretan bangunan lain yang ada di jalan Gito Gati Sleman mudah sekali ditemukan. Masjid tersebut adalah Masjid Suciati Saliman, sesuai dengan nama orang yang membangunnya. Masjid ini terlihat bertambah kemegahannya karena berada di pemukiman biasa di jalanan yang tak seberapa lebar.

Masjid Suciati. Sumber DetikNews
Masjid Suciati Saliman baru diresmikan pada Minggu, 13 Mei 2018. Masjid yang diberi nama sesuai dengan nama orang yang membangunnya ini berlokasi di jalur alternatif Kota Yogyakarta dan beberapa tempat wisata di Jogja. Masjid yang beroperasi 24 jam dan dilengkapi dengan pendingin ruangan. Selain kemegahannya, arsitektur masjid ini cukup unik karena meniru arsitektur gaya Masjid nabawi.

Masjid megah ini sudah dicita-citajan oleh Ibu Suciati, seorang pedagang ayam ketika masih SMP. Dengan modal kecil ketika memulai usaha dan akhirnya mampu membuat perusahaan pemotongan ayam dan memulai membangun masjid dengan biaya sendiri. Masjid ini ramah lansia dan difabel. Terlihat dari adanya lift bagi lansia ketika memasuki lantai atas masjid.

Masjid Khadijah

Masjid ini sangat bagus jika digunakan sebagai background foto pernikahan. Bangunan ini merupakan salah satu masjid megah dan arsitektur unik yang ada di Jogja. Dengan gaya Iran dan Turki dan hiasan kaligrafi dilapisi kristal dan marmer berwarna kuning-hijau. Banyaknya ornamen kristal menjadikan masjid ini terkesan mewah.

Meskipun masjid ini berada di kompleks sekolahan swasta, namun masjid ini bisa dimasuki oleh masyarakat umum namun hanya pada hari jumat saja. Wisatawan tak segan-segan untuk mengabadikan momen di masjid ini ketika berkunjung. Selain karena berada di kompleks sekolahan, masjid ini dikhawatirkan akan menjadi sasaran pada pelancong sehingga dilakukan pembatasan kunjungan.

Kristal dan marmer melapisi masjid ini hingga 80%. Sesuai dengan namanya Masjid Kristal Khadija. Pada kawasan taman atau halaman masjid ini kamu akan melihat air mancur yang membelah jalan masuk. Dikiri kanan terdapat tanaman-tanaman kecil serta pohon yang ada disekitar masjid yang akan menambah suasana teduh di area masjid kristal.

Masjid Kristal Khadijah
Tampak luar bangunan dari masjid ini sangat menarik mata. Tatanan kristal yang tersusun apik membuat masjid ini sangat layak dijadikan sebagai tempat wisata religi. Namun masjid ini kunjungannya dibatasi. Masjid ini berada di kompleks sekolahan milik tokoh nasional yakni HM Amien Rais. Lokasinya ada di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo, SMK Budi Mulia II, Yogyakarta.

Masjid Islamic Center UAD

Dengan dana hibah dari Kerajaan Arab Saudi dan swadaya dari pihak UAD sendiri, UAD yang merupakan institusi pendidikan Muhammadiyah membangun masjid megah bernama Islamic Center UAD. Masjid ini berfungsi utama sebagai tempat ibadah shalat bagi para mahasiswa yang sedang menjalankan studi di kampus tersebut dan masyarakat umum terutama yang sedang dalam perjalanan karena masjid ini berada di jalan lingkar selatan Ring Road Jogja.

Islamic Center UAD
Arsitektur masjid ini terlihat megah dan unik dengan dua menara yang dibangun di samping kiri dan kanan masjid. Masjid Islamic Center UAD terletak di Kampus Terpadu Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Masjid ini memiliki daya tampung hingga 3000 jamaah dengan luas sekitar 1 (satu hektar) dan tinggi 40 meter.

Masjid UAD ini dibangun tiga lantai. Peruntukan dua lantai atas sebagai tempat ibadah pria dengan kapasitas mencapai 1600 jemaah, lantai 3 untuk Jemaah wanita, di atas mihrab dibuat lengkungan setengah lingkaran agar jamaah perempuan bisa melihat gerakan shalat imam. sedangkan lantai bawah difungsikan untuk Kantor Majelis Tarjih PP Muhammadiyah, perpustakaan pusat kajian Islam dan ruang pertemuan.

Itulahbeberapa masjid megah di Jogja yang bisa jami utarakan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa membaca artikel kami lainnya di blog ini tentang tips wisata backpacker di Lombok. Terima kasih.

Comments