Peralatan Snorkeling yang Perlu Untuk Pengalaman yang Maksimal


Pernahkah Anda mencoba bersnorkeling? Aktivitas ini lebih menyenangkan dibandingkan menantang. Snorkeling adalah berenang pada permukaan air laut menggunakan alat bantu snorkel. Biasanya dilakukan untuk menikmati pemandangan dalam laut. Dibandingkan hanya berenang tanpa peralatan snorkeling, akan lebih mudah karena dapat melihat kedalaman dengan jelas serta dengan alat bantu pernafasan.

Jika Anda ingin merasakan sensasi yang berbeda saat berkunjung ke pantai di Pulau Kanawa, cobalah untuk bersnorkeling. Namun tidak semua pantai cocok untuk bersnorkeling. Pantai yang cocok untuk bersnorkeling biasanya tidak berombak dan tidak berarus. Meskipun tetap ada ombaknya, namun biasanya tetap ada pantai berombak cukup tenang untuk bersnorkeling.

Peralatan Snorkeling


Selain snorkeling, masih diperlukan beberapa peralatan lainnya yang diperlukan. Berikut beberapa alat yang diperlukan saat melakukan snorkeling untuk merasakan sensasi yang maksimal.

Mask dan Snorkle


1. Mask


Diantara banyaknya peralatan Snorkeling, Mungkin Masalah yang paling familiar diketahui oleh sebagian banyak orang. Karena kalau dilihat dari bentuknya saja sudah menggambarkan bahwa alat ini digunakan untuk keperluan aktivitas dalam air. Mask berfungsi sebagai alat untuk menutup sebagian wajah, khususnya daerah sekitar mata dan hidung.

Dengan menggunakan Mask, pandangan ke dalam laut akan terlihat lebih jelas. Anda dapat melihat dengan jelas keindahan bawah laut terdapat berbagai ikan-ikan, terumbu karang, dan biota laut lainnya.

Ketika anda memilih Mask, Pastikan Mask yang nyaman dan muat di wajah Anda. Mask kekecilan tentu akan membuat Anda tidak nyaman untuk menggunakannya. Sedangkan, Mask yang kebesaran membuat air dengan mudah untuk masuk melalui celah yang ada.

Cara untuk memastikan Mask yang Anda pilih nyaman dan sesuai dengan wajah adalah menempelkan ke wajah tanpa mengaitkan strap pada kepala. Kemudian, sambil memegang Mask hiruplah udara melalui hidung lalu lepaskan tangan Anda. Jika Mask masih menempel pada wajah Anda tanpa dipegang, itu menandakan Mask tersebut pas untuk Anda.

2. Snorkel


Setelah Masuk, Alat selanjutnya yang tidak kalah penting adalah Snorkel. Snorkel biasanya menjadi satu paket dengan Mask. Alat ini sangat penting karena membantu penyelam agar tetap bisa bernafas dalam air tanpa harus mengangkat kepala sehingga dengan nyaman menikmati keindahan bawah laut. Snorkel berupa selang dan pelindung mulut. Snorkel terbuat dari silikon yang panjangnya sekitar 30 cm.

Agar nyaman dalam bernafas, Anda perlu memperhatikan beberapa bagian seperti diameter pipa serta ukuran tempat mulutnya. Pilihlah snorkel yang nyaman dan pas sesuai dengan Anda. Biasanya snorkel dengan diameter pipa berukuran 16 mm diperuntukan untuk anak-anak dan diameter pipa dengan ukuran 18 mm diperuntukan untuk dewasa.

Setelah mengecek diameter pipa, selanjutnya mengecek mouthpiece ( tempat mulutnya ). Pilihlah mouthpiece yang pas dengan ukuran mulut Anda agar nyaman saat digunakan. Mouthpiece dengan Ukuran kecil direkomendasikan untuk anak-anak dan wanita. Biasanya ukuran mouthpiece adalah sekitar 50 mm. Namun, untuk anak-anak dan wanita bisa menggunakan ukuran yang lebih kecil dari itu.

Jika mouthpiece ( tempat mulut ) terlalu besar untuk mulut, Anda akan cepat meleleh tentunya ketika menggunakan dalam jangka waktu yang lama. Sebaliknya, jika mouthpiece terlalu kecil, air akan mudah masuk melalui celah mulut.

3. Fin


Fin disebut juga kaki katak. Sebenarnya alat ini tidak wajib dikenakan saat snorkeling. Tapi bagai anda yang pemula, alat ini direkomendasikan untuk digunakan karena dengan memakai fin akan memberi kekuatan pada kaki penyelam sehingga ada daya dorong yang lebih kuat saat kamu berenang di laut.

Dengan alat ini penyelam bisa meningkatkan kemampuan mengayuh sampai 10 kali lebih besar jika dibandingkan dengan tidak menggunakannya. Terdapat dua jenis kaki katak, yaitu model kaki tertutup (full foot) dan tumit terbuka (open heels).

4. Pelampung


Sama dengan alat sebelumnya, pelampung bukanlah peralatan yang harus digunakan. Tetapi bagi pemula, pelampung bisa jadi alat yang harus digunakan. Pelampung berfungsi sebagai alat yang memberi daya apung selama dalam permukaan air.

Peralatan Snorkeling

5. Baju Renang


Selanjutnya adalah Baju Renang. Baju renang tidak kalah pentingnya dengan peralatan lainnya. Pada dasarnya menggunakan kaos biasa untuk snorkeling bisa saja. Akan tetapi, menggunakan baju renang akan memudahkan anda dalam bergerak di dalam permukaan air. Selain memudahkan Anda dalam bergerak di dalam air, menggunakan baju renang bisa berfungsi untuk mengurangi dinginnya atmosfer air laut yang mengenai tubuh.

Itu dia ulasan seputar peralatan snorkeling untuk Anda. Jika Anda membutuhkan paket seminar kit, yang berisi alat-alat untuk menghadiri seminar, silahkan kunjungi aleta.id. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Comments