Mengenal Jenis Dan Fungsi Packaging

Pola konsumsi dan produksi saat ini telah sedemikian berkembang dengan perkembangan yang sedemikian pesat. Salah satu instrumen yang cukup menarik untuk diulas secara lebih mendalam adalah soalan jenis dan fungsi packaging sebagai bagian yang saat ini seolah tidak bisa dipisahkan dari sebuah produk.

Mengingat, setiap kemasan produk sudah memainkan peranan yang sedemikian penting bagi produk itu sendiri dalam proses pemasaran. Maka diperlukan packaging yang ideal. Yang dalam hal ini adalah packaging yang memiliki tingkat efektifitas tinggi. Bukan hanya berfungsi dalam melindungi produk, namun sampai pada fungsi membangun citra produk.

Hal ini tentu tidak begitu mengherankan jika persoalan packaging bertolak dari lingkup strategi pemasaran. Sebab, lingkup pemasaran memang sudah seharusnya bertugas mengurai simpul-simpul penting keunggulan packaging sebuah produk baik segi fungsional, ekonomi, sampai dengan penjualan.

Mengenal Packaging

Packaging. Sumber : unsplash.com

Jadi, seperti apa packaging yang baik itu? Lalu, apa sebenarnya packaging itu? Packaging atau dalam artian sederhana sebagai pengemasan produk merupakan wadah atau pembungkus yang dimaksudkan untuk melindungi produk, mencegah resiko kerusakan, dan lain sebagainya dalam memasarkan produk makanan.

Sedangkan dari sisi promosi, kemasan berfungsi sebagai perangsang daya tarik calon konsumen. Baik dari faktor bentuk, warna, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan packaging. Seiring dengan perkembangannya, packaging bahkan tidak sekedar melindungi dan menarik minat pembeli, namun juga berfungsi sebagai mediasi informasi produk kepada konsumen.

Fungsi Packaging

Konsep awal atau peruntukan awal kemasan memang sekedar untuk media perlindungan produk. Hanya saja, dengan mempertimbangkan perkembangan zaman serta pola perilaku konsumen saat ini, tidak cukup rasanya jika kemasan masih sekedar difungsikan sebagai pembungkus. Oleh karenanya berikut ini di antara fungsi kekinian dari sebuah kemasan yang bisa menjadi peluang bisnis.

Fungsi Pokok Packaging

Fungsi pokok packaging meliputi fungsi penguat daya tarik produk. Sebab, bagaimanapun bagus dan berkualitasnya sebuah produk, jika tidak dikemas dengan baik dan benar maka tidak akan memiliki daya tarik yang cukup untuk menarik minat konsumen. Selain meningkatkan minat juga meningkatkan citra produk. Oleh karena itu kemasan didesain dengan motif semenarik mungkin.

Sebagai sarana promosi juga masuk dalam fungsi packaging. Umumnya pelanggan atau konsumen bisa menemukan informasi-informasi tambahan seperti pencantuman alamat lengkap produsen atau toko yang menjual produk tersebut. Serta berbagai informasi yang menurut produsen perlu untuk kemudian terakses oleh konsumen.

Tentu saja menjaga kualitas produk masuk dalam fungsi utama sebuah kemasan. Bahkan terdapat sejumlah produk baik makanan maupun minuman yang membutuhkan packaging khusus bisa memberikan nilai tambah berupa waktu kadaluarsa yang lebih lama sehingga akan lebih memberikan kemudahan dalam banyak hal.

Terdapat juga fungsi praktis dari sebuah kemasan. Antara lain adalah memberikan kemudahan bagi konsumen untuk membawa produk dengan lebih mudah. Sedangkan dari sisi produsen adalah memudahkan dalam hal pengangkutan ataupun pengiriman barang.

Jenis-Jenis Packaging

packaging primer-sekunder. Sumber : mastahbisnis.com

Ada sejumlah jenis dari packaging yang jamak digunakan banyak perusahaan cetak kemasan sampai dengan saat ini. Berikut diantaranya yang perlu Anda ketahui untuk menambah referensi packaging Anda.

1. Packaging primer

Yang dimaksud dengan packaging primer adalah packaging dari sebuah produk itu sendiri. Atau juga dikenal dengan istilah packaging dari produk eceran atau produk yang dijual satuan. Sebagai contoh dari pacakging primer adalah snack, pensil, minuman kaleng, teh botol, dan produk lainnya yang dijual dalam wujud satuan.

2. Packaging sekunder

Packaging sekunder tidak lain merupakan kemasan dari kemasan primer. Kemasan sekunder ini berisi sejumlah produk yang sudah memiliki kemasan. Sebagai contoh untuk kemasan sekunder adalah satu pak spidol, satu pak obat kapur ajaib dan lain sebagainya.

3. Packaging delivery

Sedangkan untuk packaging delivery adalah kemasan yang diperuntukkan untuk pengiriman suatu produk atau barang. Dengan kata lain packaging delivery merupakan kemasan yang berisikan beberapa produk yang sudah dikemas baik secara primer maupun sekunder. Seperti satu dus mie instan, dan lain sebagainya.

Atribut Packaging

Atribut Packaging. Sumber : google.com

Packaging sebagaimana di awal, telah mengalami transformasi fungsi sedemikian rupa. Sehingga hal itu menuntut sebuah kemasan untuk memiliki sejumlah atribut pendukung guna memenuhi keinginan konsumen juga memudahkan konsumen untuk mengingat produk tersebut.

1. Merek Kemasan

Atribut pertama yang harus ada pada sebuah kemasan adalah identitas produk atau merek. Merek ini merupakan salah satu atribut yang peranannya paling penting untuk diikut sertakan dalam sebuah kemasan produk. Ketiadaan sebuah merek pada sebuah kemasan produk hanya akan menimbulkan keraguan pada diri konsumen.

2. Gambar Packaging

Atribut selanjutnya yang perlu ada pada sebuah kemasan produk adalah gambar. Gambar disini adalah sebagaimana yang bisa dengan mudah kita dapati di berbagai kemasan. Fungsi dari adanya gambar itu sendiri adalah untuk memperkuat daya tarik visual, untuk selanjutnya mendorong calon pembeli untuk melakukan pembelian.

3. Bentuk Packaging

Bentuk sebuah packaging nantinya akan sangat membantu sebuah kemasan produk dalam menciptakan keseluruhan daya tarik visual. Bentuk packaging ini tentu saja. Yang selanjutnya berpengaruh terhadap penjualan. Bentuk kemasan sendiri sangaat variatif. Menyesuaikan bentuk produk dan pertimbangan-pertimbangan lainnya

4. Warna Packaging

Atribut lain yang juga perlu untuk ada pada sebuah kemasan adalah warna. Hal ini sebagaimana atribut lainnya yang memiliki irisan dengan faktor pendukung visual. Untuk pengaplikasian warna ini pada umumnya sebagian besar produk memainkan peranan warna dalam kemasan itu sendiri.

5. Label Packaging

Atribut terakhir dari sebuah packaging adalah label. Label pada tiap-tiap kemasan terdiri atas informasi penting mengenai manfaat produk, cara penyajian, komposisi produk, berat, serta info-info penting lainnya mengenai produk itu sendiri.

Nah, demikianlah ulasan kali ini seeputar jenis dan fungsi dari sebuah kemasan produk. Hal-hal berkaitan dengan packaging yang baik dan benar menjadi sangat penting untuk perbaikan dan pperkembangan penjualan sebuah produk. Mudah-mudahan bermanfaat. Share dan nantikan artikel menarik lainnya. Sekian dan terima kasih.

Comments