Fakta Menarik Pariwisata Lombok Yang Perlu Diketahui

Lombok sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia merupakan pulau yang berada di timur pulau Bali dan memiliki keadaaan geografis yang beraneka ragam. Karena mayotitas kondisi tanah di pulu Lombok ada pegunungan maka wisata alam menjadi andalan. Akan tetapi ada fakta menarik pariwisata Lombok lainnya yang mampu memikat wisatawan dan tidak ada kaitannya dengan keadaan alam.

Seperti halnya motif batik di Jogja, pulau Lombok juga memiliki kain tenun khas Lombok yang berbeda dengan kain tradisional lainnya. Kain tenun dan beragam budaya pedesaan inilah yang memikat wisatawan untuk mendatanginya. Maka beberapa desa wisata di Lombok mulai bermuculan desa wisata tersebut menawarkan suasana pedesaan dan aktivitas bertani, menenun dan juga pemandangan alam.
Pantai di Lombok yang indah. Sumber IG @travellerindokece


Fakya Pariwisata Lombok Yang Perlu Diketahui

Ada beberapa fakta menarik pariwisata Lombok yang mampu mengikat kedatangan wisatawan dari berbagai belahan dunia. Di bawah ini beberapa fakta menarik pariwisata Lombok.

Destinasi Wisata Halal Dunia

Berdasarkan riset dari Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2018, Indonesia masuk peringkat kedua sebagai tujuan wisata halal dunia tahun 2018. Riset tersebut juga semakin memperjelas bahwa pasar wisata Muslim akan terus tumbuh.

Data dari Menteri Pertanian mengatakan bahwa wisatawan mancanegara yang mengunjungi Lombok meningkat hingga 50% pada 2017 setelah diklaim sebagai destinasi halal Indonesia terbaik. Selain itu Lombok pernah memenangkan dua penghargaan World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 dalam kategori World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination.

Setelah mendapatkan penghargaan tersebut, turis lokal maupun internasional yang datang ke Lombok, meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan mengalami kenaikan jumlah wisatawan sebesar 50% di tahun 2017.

Australia Penyumbang Wisatawan Tertinggi

Meskipun pada beberapa tahun yang lalu telah terjadi pemboman di daerah wisata di Bali dan hal ini memperburuk citra Islam dan kaum muslim di Indonesia,namun data menunjukkan bahwa wisatawan asing terbanyak yang mengunjungi Lombok yang merupakan destinasi wisata hala dunia, adalah Australia. Padahal dari pemboman di Kuta, Legian, Bali korban terbanyak justru turis Australia.

Hal ini mengindikasikan bahwa para pelancong dari mancanegara mempercayai masyarakat indonesia sebagai masyarakat yang ramah dan akan aman ketika bersama mereka. Dengan masih banyaknya wisatawan mancanegara yang mendatangi Indonesia sebagai tanda bahwa sektor wisata merupakan peluang bisnis potensial di era digital.

Keindahannya Tak Kalah Dengan Bali

Wisatawan mancanegara yang mendatangi Lombok biasanya mengunjungi pulau bali terlebih dahulu. Setelah mengunjungi Bali mereka akan menyeberang ke Pulau Lombok. Akan tetapi ada sebagian wisatawan mancanegara yang langsung terbang tujuan Lombok. Biasanya adalah turis asal Malaysia dan Singapura.

Berbagai destinasi wisata di Lombok sangat berbeda dengan pulau Bali. Setiap kota tujuan wisata di Indonesia memiliki karakter tersendiri pada sektor pariwisata yang ditawarkan. Ketika Jogja menawarkan budaya, pemandangan alam dan juga wahana bermain di Jogja yang semakin banyak. Bali juga menawarkan hal yang serupa. Akan tetapi Lombok menawarkan sensasi wisata yang berbeda dengan kota tujuan wisata lainnya.

Gili di Lombok menawarkan keindahan pulau kecil yang masih sepi dan bersih. Destinasi wisata yang ramai dan penuh dengan pengunjung sudah biasa. Dan Lombok menawarkan hal yang tidak biasa yaitu tempat sepi dan alami. Selain itu pemandangan dunia bawah air menjadi daya tarik yang sanggup menghadirkan wisatawan mancanegara ubtuk terbang ke Lombok. Keduanya bisa jadi tidak akan ditemukan di dstinasi wisata lainnya.
Pantai Nipah di Lombok

Jalur Menuju Wisata Komodo

Taman Nasional Komodo berada di Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Lombok berada di Nusa Tenggara Barat. Maka antara Lombok dan pulau Komodo yang menjadi tujuan wisata Komodo tidak begitu jauh.

Ada sebagian wisatawan yang memanfaatkan kunjungannya ke Lombok dengan mengunjungi Taman Nasional Komodo. Mereka ingin mengetahui kehidupan Komodo lebih dekat. Dengan menggunakan layanan Komodo tour package yang ditawarkan oleh jasa perjalanan wisata lokal maupun nasional mereka hanya perlu menambah biaya perjalanan yang tentu lebih murah daripada berngkat ke pu;au Komodo dari negara asalnya.

Itulah beberapa fakta menarik pariwisata di Lombok. Semoga artikel ini bermanfaat. Selahkan share artikel ini jika anda menilainya bermanfaat. Terima kasih.

Comments