Tempat Liburan Yang Bagus Untuk Anak

Anak adalah aset yang anda miliki dan tidak ternilai dengan harga berapapun tingginya. Karena itulah masa anak-anak adalah masa yang tepat untuk memberikan pendidikan dan pengetahuan. Berilah sisipan pendidikan pada saat melakukan aktifitas apapun termasuk saat berlibur. Agar mudah dalam memberikan pendidikan kepada anak maka disarankan berlibur di tempat liburan yang bagus untuk anak dalam hal pendidikan. Ini dia ulasannya !

1. Desa Wisata

Dunia anak anak saat ini sungguh berbeda dengan dunia anak pada masa lampau. Pada masa lalu, anak-anak sering melakukan aktifitas keluar rumah dan berinteraksi dengan alam dan juga teman sepermainan secara langsung. Namun saat ini dengan kemunculan gadget dan permainan perangkat video game menyebabkan anak lebih asyik dengan ktifitas di dalam ruangan.

Desa wisata di Jogja.

Memang gadget dan video game merupakan peluang bisnis potensial di era digital seperti saat ini. Tetapi jangan salahkan bisnis ini jika anda tidak bisa mengatur anak anda karena kecanduan dengan video game ataupun gadget. Berilah porsi sewajarnya dalam memegang gadget.

Agar anak tidak terlalu sering beraktifitas di dalam rumah maka sesekali ajaklah berlibur keluar. Desa wisata menjadi salah satu tujuan wisata edukatif yang bagus untuk perkembangan pendidikan anak. Dengan berwisata di desa wisata, anak anak akan mendapatkan aktifitas menarik yang mungkin selama ini tidak pernah di lakukannya.

Aktifitas itu meliputi belajar bercocok tanam, berpetualang di alam bebas dan mengerjalan sesuatu pekerjaan yang merupakan bagian dari program liburan desa wisata. Banyak penyedia paket wisata Jogja yang bekerja sama dengan beberapa desa wisata di Jogja. Sehingga anda akan dengan mudah mendapatkan desa wisata yang sesuai dengan keinginan anda.

2. Musium atau Tempat bersejarah

Mengunjungi musium atau tempat bersejarah kadang terasa membosankan. Namun anda bisa mengajak anak-anak ke tempat besejarah seperti musium tersebut untuk pendidikan dan pengetahuan anak. Agar tidak membosankan maka berilah ulasan cerita pada saat mengunjungi spot bersejarah tersebut kepada anak anda.

Seperti kunjungan ke candi Prambanan di Jogja, maka anda bisa melakukan kunjungan kesana bersama anak anda. Dan agar anak tidak bosan maka ceritakanlah kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang pada saat mengunjungi destinasi wisata candi tersebut. Yang perlu dilakukan adalah anda hanya tinggal mencari informasinya di internet. Selain menarik, lokasi candi prambanan juga tidak begitu jauh dengan lokasi destinasi wisata Tebing Breksi Jogja.

3. Wahana Bermain

Jika anda berniat membawa anak bersenang-senang itu memang boleh. Namun jangan sampai liburan hanya bersenang-senang saja tanpa ada muatan pendidikan. Saat ini banyak sekali wahana bermain populer di Jogja yang menyisipkan pendidikan di setiap spot permainannya. Ada yang memerlukan olah ketangkasan fisik, ada yang memerlukan strategi dan ada pula yang memerlukan proses berpikir.

Tempat yang paling sering dikunjungi oleh orang tua yang menginginkan liburan anaknya diisi dengan kegiatan edukatif adalah Taman Pintar Jogja. Destinasi wisata ramah anak ini berdiri di bekas area shopping center pada masa lalu. Terdapat beragam permainan di destinasi wisata ini yang menyisipkan pendidikan untuk anak.

Untuk menuju lokasi sangat mudah rutenya. Jika anda dari Malioboro, maka tinggal ke selatan menuju ke perempatan nol kilometer. Ambil arah ke kiri beberapa ratus meter dan anda akan mendapati Taman pintar di kiri jalan. Lebih mudah lagi jika anda menyewa kendaraan di jasa rental mobil Jogja saat berwisata ke Jogja. Dan bagi yang tidak membawa kendaraan bisa naik bus Transjogja.

4. Wisata Alam

Hal menyenangkan bagi anak naka lainnya adalah berwisata ke alam terbuka. Pilihan destinasi wisata ini bisa berupa hutan wisata, pegunungan dan sebagainya. Mendaki gunung dengan trek yang cocok untuk anak-anak bisa menjadi pilihan. Atau melakukan acara berkemah dengan seluruh anggota keluarga juga bisa menjadi alternatif liburan. 

Wisata alam Indonesia

Kegiatan seperti ini bisa memupuk mental keberanian pada anak. Anak yang biasanya setiap malam hari hanya melakukan aktifitas di dalam rumah maka jika berwisata dengan model seperti ini akan memaksa anak untuk melakukan aktifitas di luar ruangan atau alam terbuka. Selain itu aktifitas seperti ini mampu memupuk rasa tanggung jawab pada anak.

Itulah ulasan mengenai tempat liburan yang bagus untuk anak. Sejak keci; hendaknya anak senantiasa dididik dengan nilai-nilai yang diperlukan untuk masa depannya meskipun cara mendidiknya dengan media belajar sambil bermain. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa membaca artikel lainnya di blog ini tentang tradisi adu Domba Garut. Terima kasih.

Comments